Girin Digdo
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tamatkah Dunia Underground Indonesia

Sedikit omicron mengambil kutipan dari idsecconf 2008 kemarin mengenai nasib dunia underground Indonesia. How ?

Sejenak kita renungkan dunia underground Indonesia.Dunia yang melahirkan para jagoan dunia maya khususnya di bidang keamanan cyber , sekarang ini dalam kondisi tidak menentu.Keprihatinan ini terjadi di seluruh belahan dunia yang di perjelas oleh Duvel dengan artikel A Brief History of Underground Scene .

Mungkin agak sedikit ekstrim atau mungkin sangat ekstrim dengan judul seperti itu.Tapi inilah kenyataannya.Dunia Underground Indonesia sekarang ini sedang mengalami degradasi yang cukup serius.Keprihatinan yang mendalam adalah kemunculan generasi-generasi yang lebih berorientasi kepada materi dan publikasi dibanding dengan kemurnian berorganisasi,berdiskusi dan berbagi ilmu pengetahuan.Ditandai dengan semakin sepinya dunia IRC yang merupakan salah satu tempat diskusi dunia maya,serta banyaknya forum-forum baru yang semakin nge-junk jauh dari materi pembelajaran.

Seiring perkembangan waktu,juga timbul regenerasi baru di dunia cyber.Tetapi coba kita lihat pendatang baru sekarang.Mereka terlalu manja,tidak mau berusaha keras dan gampang menyerah.Sejak adanya google pada tahun 2003 yang belum ditemukan sebelumnya.Serta banyak lagi tutor-tutor bahasa Indonesia yang “berserakan” di dunia maya.

Kemunduran dunia underground juga di perlihatkan dengan adanya aksi pen-deface-an situs dalam negeri.Akhir-akhir ini kian marak aksi deface negeri sendiri.Tidak tahu motif apa sebenarnya dari aksi deface tersebut.Yang sangat memalukan sekaligus memilukan adalah mereka yang meninggalkan jejak setelah beraksi.
Inikah dunia underground Indonesia sekarang ?

Regenerasi di dunia cyber sekarang hanyalah berorientasi kepada materi dan publikasi saja.Ya,tidak lain adalah mereka yang hanya untuk mencari ketenaran belaka.Akhir-akhir ini sering sekali kita lihat aksi deface,tidak tahu itu teman atau lawan. Forum Cyberdos.org , misalnya,21 Mei 2009 kemarin forum itu di deface oleh sesama teman bawah tanah.Apa yang menyebabkan aksi itu ? Jawabannya hanyalah ke-egoisan yang mempunyai ilmu.Mereka merasa dirinya lah yang lebih dari semuanya.Maksud dan tujuannya pun tidak jelas.Mereka hanyalah seorang kiddies bahkan lebih rendah dari itu!

Inikah salah satu yang menyebabkan kemunduran dunia underground di Indonesia ? Mereka para defacer lupa akan siapa yang telah mengajarinya,yang telah membuat mereka menjadi “begini” , lupa bahwa dia dahulu siapa,dan sekarang mereka telah bisa berbuat apa.Mereka seakan kacang lupa pada kulitnya.

Dunia underground Indonesia sekarang tidak seperti dulu lagi.Seiring perkembangan waktu dan teknologi telah melahirkan orang-orang penting di dunia cyber.

Haruskah kita juga menjadi kiddies?

Atau mematuhi etika yang ada ?
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 06 Juli 10 - 22:38 WIB
Dalam Kategori : TAMATKAH DUNIA UNDERGROUND INDONESIA
Dibaca sebanyak : 1507 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback